Finish Coating System Adhesion and Test Method
Date

Finish Coating System Adhesion and Test Method

Aluchrome

Aluchrome

The Cross Hatch Test

Tes cross hatch merupakan tes yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui apakah lapisan adhesi (coating) pada suatu substrat berada pada tingkat maksimal atau tidak.

Tes ini dilakukan dengan cara menggunakan cross hatch cutters atau bisa juga menggunakan cutter pada umumnya. Tahap 1, Lukai permukaan lapisan adhesi secara horizontal dan vertical dengan jarak 1 – 3 mm. Saat melakukan pengujian, bisa juga dilihat apakah ada bagian yang terkelupas. Apabila ada yang terkelupas, maka dari tes tahap 1 ini saja sudah bisa dilihat bahwa kekuatan lapisan adhesi pada substrat kurang maksimal.

Tes tahap 2 yaitu menggunakan pita perekat atau yang biasa disebut lakban. Permukaan substrat yang sudah dilukai menggunakan cutter, ditempelkan lakban dan diratakan sehingga lakban sudah menempel dengan benar. Lalu cabut lakban dan lihat apakah ada lapisan yang terangkat oleh lakban. Bisa dibandingkan dengan tabel dibawah hasil dari tes ini.

Seluruh produk Ridau, sudah melalui Cross Hatch Test. Mulai dari produk yang menggunakan bahan plastik, besi, dan aluminum. Bisa dilhat dari video dibawah.